@inproceedings{10.33810/274165, author = {Inti Englishtina}, title = {Penumbuhkembangan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak dengan Menerapkan Model Riddle-Based Scaffolding (Inovasi Pengajaran Bahasa)}, publisher = {Seminar Nasional Struktural 2018}, day = {24}, month = {11}, year = {2018}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang dibutuhkan oleh para guru untuk menumbuhkembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswa di Taman Kanak-kanak (TK); sejauh mana model scaffolding ini dapat menumbuhkembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris; dan bagaimana sebuah model scaffolding dikembangkan untuk menumbuhkembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswa di TK. Obyek penelitian ini adalah para guru dan para siswa di TK Mondial Semarang. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mendapat gambaran tentang apa yang menjadi kebutuhan para guru dalam upaya menumbuhkembangkan kemampuan berbicara para siswanya. Untuk menjelaskan keefektifan dari model tersebut maka dilaksanakanlah uji coba. Penelitian ini menitikberatkan pada pengembangan model scaffolding guna menumbuhkembangkan kemampuan bilingual anak-anak di sekolah TK untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Kemudian guna membuktikan keefektifan model tersebut, maka model awal diujicobakan. Mengacu pada hasil ujicoba tersebut, kemudian sebuah model tahap akhir di kembangkan. Hasil akhir menunjukkan bahwa para guru di TK Mondial Semarang membutuhkan model scaffolding semacam ini yang memberikan manfaat sebagai model guna menumbuhkembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswanya. Selanjutnya model scaffolding yang berdasarkan pada fungsi kemampuan berbicara yang dikemukakan oleh Celce-Murcia et al. (1997) digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan penelitian ini. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa para guru di TK Mondial Semarang membutuhkan sebuah model scaffolding untuk menumbuhkembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswanya. Berdasarkan analisa kebutuhan tersebut, sebuah model scaffolding Riddle-Based pun kemudian dikembangkan. Setelah melalui tahapan-tahapan ujicoba maka tidak dapat dipungkiri bahwa produk model scaffolding ini terbukti efektif dalam menumbuhkembangkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa di TK Mondial Semarang.}, doi = {10.33810/274165}, pages = {102--110}, organization = {Dian Nuswantoro University}, country = {Indonesia}, }