@inproceedings{10.33810/274161, author = {Cindy Citya Dima}, title = {Peningkatan Pemahaman Antar Budaya Mahasiswa dalam Pembelajaran Front Office Melalui Metode Role Play dan Tutor Teman Sebaya}, publisher = {Seminar Nasional Struktural 2018}, day = {24}, month = {11}, year = {2018}, abstract = {Front Office atau kantor depan merupakan pembelajaran semua product knowledge dari Hotel. Terminologi Hotel semua berasal dari Bahasa Inggris sehingga penjabarannya pun dalam Bahasa Inggris. Banyaknya arti kata yang harus dipelajari disini membutuhkan bantuan dari teman sebaya atau sekelas untuk membantu memperbanyak pembendaharaan kata pada bahasa yang digunakan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Mahasiswa Manajemen Perhotelan pada tahun ini terdapat 1 orang mahasiswa yang berasal dari Jepang. Seperti halnya kita, Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa begitu pula untuk mahasiswa asal Negara Jepang juga sudah mempelajari bahasa Indonesia terlebih dahulu agar mudah untuk bergaul dan mengikuti mata kuliah Front Office. Simbiosis Mutualisme pun terjadi mahasiswa mempelari dan mempraktekkan 3 bahasa sekaligus untuk mata kuliah Front Office yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang untuk percakapan sebagai tamu dan karyawan depan hotel untuk operasionalnya. Penggunaan Teknologi Informasi dengan pemanfaatan smartphone dirasa perlu mengingat mahasiswa sebagai generasi milenial, sudah menggunakan smartphone untuk menunjang komunikasi dan informasi pencarian sumber ilmu selain referensi buku acuan atau buku paket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah di UDINUS Semarang, Indonesia. Waktu penelitian adalah di bulan September 2018 – November 2018 hingga UTS online . Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan survei. Data dianalisis berdasarkan indikator kesesuaian dengan pemakai, kesesuaian materi yang digunakan, dan isi. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil menunjukkan bahwa metode Role Play dan tutor teman sebaya terbukti signifikan dalam meningkatkan pemahaman antarbudaya mahasiswa.}, doi = {10.33810/274161}, pages = {57--64}, organization = {Dian Nuswantoro University}, country = {Indonesia}, }